Pewartajatim.com Juara I Anugerah Jurnalistik Kominfo Kota Batu Tahun 2024

BATU – Artikel jurnalistik berjudul Keunikan dan Eksotika Wisata Kampung Kota Batu, karya wartawan pewartajatim.com, Eko Windarto, terpilih sebagai pemenang I ajang Anugerah Jurnalistik Kominfo (AJK) 2024 yang diselenggarakan Diskominfo Kota Batu.

Penyerahan hadiah AJK yang diikuti jurnalis dari 34 media massa tersebut dilakukan di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Kamis (7/3) malam.

Artikel Keunikan dan Eksotika Wisata Kampung Kota Batu terpilih juara I di Kategori Penulisan Artikel Jurnalistik. Artikel ini tayang di pewartajatim.com tanggal 22 Februari 2024. Sementara pemenang kedua dan ketiga pada kategori ini masing-masing Agus Samullah (Harian Bangsa) judul Exotika Wisata Kampung Tematik dan Supeno (mawarta.com) judul Harmoni Kayu Dipelukan Sakura.

Kepala Diskominfo Kota Batu, Onny Ardianto, menjelaskan AJK tahun 2024 adalah yang kedua kali diselenggarakan oleh Diskominfo Kota Batu. Pada tahun ini, kegiatan yang juga untuk memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke-78 mengangkat tema ‘Membangun Kota Batu Lewat Informasi’.

Ada tiga kategori yang dilombakan, meliputi penulisan artikel jurnalistik, kategori foto jurnalistik dan kategori jurnalistik multimedia.

Kadiskominfo juga menyampaikan apresiasinya kepada jurnalis yang telah mengirimkan karyanya. Menurutnya, karya jurnalistik peserta yang mengangkat tiga sub tema AJK 2024, yaitu Desa WisataUMKM dan Pasar Induk Among Tani bisa menyebarluaskan informasi perkembangan Kota Batu pada masyarakat luas.

“Tiga komponen ini sengaja kita pilih menjadi tiga topik dalam AJK tahun ini dan kami sangat berharap nanti karya-karya jurnalistik ini akan sanggup mempromosikan Kota Wisata Batu supaya lebih masif lagi,” bebernya.

Sementara Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, mengatakan AJK ini merupakan apresiasi Pemkot Batu terhadap wartawan yang telah berkontribusi pada pemerintah dan masyarakat lewat karya jurnalistiknya.

“Teman-teman media ini kan juga telah memberikan kontribusi yang nyata buat pemerintah dan masyarakat, dimana hasil beritanya baik yang bersifat kritik, saran, informatif yang masif kepada masyarakat. Tentunya ini juga bagian dari apresiasi yang harus kami sampaikan,” kata Aries.

Dia berharap gelaran AJK bisa terus diselenggarakan dengan menambah jumlah kriteria yang dilombakan sebagai wujud kolaborasi antara pemerintah dengan media massa.

“Inilah wujud kita, agar even Anugerah Jurnalistik Kominfo 2024 ini bisa berkelanjutan nanti di tahun-tahun berikutnya dan mungkin tahapannya, kriterianya lebih banyak lagi nantinya,” tutup Pj Aries.(hyu)

 

Berikut daftar pemenang AJK 2024 :

Pemenang Kategori Foto Jurnalistik

  1. Hayu Yudha Prabowo (kliktimes.com) Judul Karya Wisata Paralayang
  2. M Firman Unggul Prabowo (Malang Posco Media) Judul Karya ‘Menikmati Sakura di Kota Batu.
  3. Ananta (Malang Pos) Judul Karya Mencanting Batik.

Pemenang Kategori Penulisan Artikel Jurnalistik

1. Eko Windarto (Pewartajatim.com) Judul Karya Keunikan dan Exotis Wisata di Kampung Kota Batu.
2. Agus Samullah (Harian Bangsa) Judul Karya Exotika Wisata Kampung Tematik.
3. Supeno (Mawartajatim.com) Judul Karya Harmoni Kayu Dipelukan Sakura.

Pemenang Kategori Jurnalistik Multimedia

1. Violin Ikwanda (ATV) Judul Karya Fam Trip Dorong Perkembangan Potensi Wisata di Desa Gunungsari.
2. Rafli Firmansyah (JTV) Judul Karya Raup Jutaan Rupiah dari Batik 3 Dimensi.
3. Lilis Nur Indah Sari (Radio Kalimaya Bhaskara FM) Judul Karya HUT Kota Batu di Pasar Induk Among Tani KWB.

Related posts