Sebanyak 20 Remaja Anti Korupsi Jatim Geruduk Lombok NTB, Ada Apa?

Heru Satriyo memberi pembekalan anti korupsi kepada Duta Anti Korupsi Jatim dan finalis asal NTB sebelum FGD, Jumat (9/2).

MATARAM –  Sebanyak 20 remaja asal Jawa Timur menggeruduk Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (9/2).

Ada apa? Tunggu dulu, mereka adalah 20 siswa/siswi SMA/SMK/MA yang notabene Duta Anti Korupsi Jawa Timur tahun 2023.

Ke-20 Duta Anti Korupsi tersebut merupakan hasil pemilihan Duta Anti Korupsi yang diadakan LSM Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Koorwil Jawa Timur, 18 sd 19 Desember 2024.

Pemilihan Duta Anti Korupsi Jawa Timur diselenggarakan oleh MAKI Jatim untuk memeriahkan Hari Anti Korupsi Sedunia 2023.

Heru Satriyo, Ketua MAKI Jatim, memberi pembekalan kepada peserta Pemilihan Duta Anti Korupsi NTB dan Duta Anti Korupsi Jatim sebelum FGD, Jumat (9/2).

 

Dikatakan Heru Satriyo, Ketua LSM MAKI Koorwil Jawa Timur, kehadiran Duta Anti Korupsi Jatim ini sebagai kesatuan dari penyelenggaraan Pemilihan Duta Anti Korupsi se-NTB yang diselenggaran LSM MAKI Koorwil NTB, 9 sd 11 Februari 2024, di Wisma Tambora BPSDMD NTB dan Hotel Lombok Raya, Kota Mataram.

“Selama di NTB, para Duta Anti Korupsi Jatim akan mengikuti secara intensif pembekalan pendidikan anti korupsi yang diikuti finalis Pemilihan Duta Anti Korupsi kategiri SMA/SMK se-NTB,” kata Heru Satriyo.

Selain itu, mereka juga akan aktif dalam mengikuti program outbond anti korupsi dengan peserta Duta Anti Korupsi NTB.

Setelah malam grand final Pemilihan Duta Anti Korupsi NTB berlangsung, 11 Februari 2024, ke-20 Duta Anti Korupsi Jatim akan mengikuti session tour wisata di beberapa venue wisata andalan NTB.

Kolaborasi atraktif antara juara dan finalis Duta Anti Korupsi Jawa Timur dan NTB akan menjadi platform utama dalam penyelenggaraan Pemilihan Duta Anti Korupsi di beberapa propinsi yang lain nantinya.

“Apa pun yang MAKI lakukan, tetap dalam bingkai perjuangan dalam sebuah konsep ikhtiar untuk menjaga marwah semangat pemberantasan korupsi dalam berbagai sektor dan kami mulai juga dari tingkatan pelajar anti korupsi, dan akan merambah ke segmentasi mahasiswa juga nantinya,” jelas Heru MAKI–sapaan Heru Satriyo

Sementara itu Ida Ayu Intan Anindya Sari, juara I Pemilihan Duta Anti Korupsi Jawa Timur, mengaku senang bisa ikut ke Lombok, NTB.

“Senang dan surprise. Pertama, bisa ketemu lagi dengan teman-teman pemenang pemilihan Duta Anti Korupsi 2023, kedua bisa mensuport dan kenal finalis Duta Anti Korupsi NTB, dan ketiga saya bisa wisata ke Lombok,” kata siswi kelas XI SMAN Cerme, Gresik, ini.(bud)

Related posts