Pj Wali Kota Batu Lepas Ekspor Tanaman Hias Kota Batu ke China

BATU – Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, mengaku sangat senang warga Kota Batu berhasil mengekspor produk unggulan daerah. Salah satunya adalah tanaman hias yang memiliki potensi luar biasa di Kota Batu. Hal ini disampaikan saat menghadiri Pelepasan Ekspor Tanaman Hias di China.

Pelepasan ekspor berlangsung di Rest Area Desa Sidomuyo Kota Batu (3/6). Ekspor tanaman hias kali ini dilaksanakan oleh CV Kusuma Wijaya Plant dari Desa Sidomulyo Kota Batu. Tanaman yang diekspor adalah Song of India sebanyak 3.500 tanaman dengan nilai Rp 150 juta.

“Kita sangat senang bahwa anak bangsa, khususnya warga Kota Batu memiliki potensi eksportir. Ini merupakan bagian ikhtiar kita untuk terus mengajak agar produk unggulan Kota Batu diekpose dan dikembangkan agar penuhi pasar internasional,” ungkapnya seraya menambahkan bahwa tanaman hias Kota Batu sangat potensial untuk pasar Asia karena kesesuaian iklim.

Oleh karena itu, lanjut Pj Aries, Pemerintah Kota Batu dan juga Bea Cukai Malang akan selalu berkolaborasi untuk mendorong ekspor potensi unggulan Kota Batu, dan menyelesaikan permasalahan yang muncul. “Pemerintah Kota Batu dan juga Bea Cukai dengan Klinik Ekspornya, akan berupaya bersama-sama jika terdapat kendala yang dialami UMKM saat melaksanakan ekspor,” tuturnya di acara yang juga dihadiri oleh Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Luar Negeri Disperindag Provinsi Jatim, Erifina Lucky Kristian dan Ketua Klinik Ekspor Bea Cukai Malang, Dwi Prasetyo Rini.

Sementara itu, Erifina Lucky Kristian menjelaskan dukungan terhadap UMKM yang melaksanakan ekspor mengingat kinerja ekspor Jawa Timur di Triwulan I mensupport 10 persen atau USD 2,5 juta pertumbuhan ekonomi keseluruhan. “Nilai ekspor tanaman hias Jawa Timur mencapai USD 1,4 juta yang telah masuk ke pasar Singapura, Denmark dan Belanda,” jelasnya.(ko)

Related posts