MAKI Jatim Gelar “Jatim Coffee and Trade Fest”

JEMBER – Berawal dari keprihatinan dan kegalauan atas kelangsungan dunia usaha berbasis UKM/UMKM dan keprihatinan dalam fraudnya dunia kopi baik dari hulu sampai hilir, MAKI Jatim  menyelenggarakan pameran dalam ”Jatim Coffee and Trade Fest.”

”Jatim Coffee and Trade Fest” (J-Co TF) dilaksanakan pada 23 – 26 Mei 2024 di Kota Cinema Mall (KCM) Jalan Gajah Mada, Jember.

Pameran ini rencananya akan dibuka Adhy Karyono sebagai Pj Gubernur Jawa Timur serta Khofifah Indar Parawansa.

“Kegiatan J-Co TF ini akan diikuti oleh beberapa OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jember, SKPD di Kabupaten Jembrana Bali, Pemprov Bali dan SKPD di Pemprov NTB,” kata Heru Satriyo, Ketua MAKI Koorwil Jawa Timur.

Dikatakan Heru MAKI–sapaan Heru Satriyo–kehadiran Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan jajaran OPD teknisnya serta dunia permodalan yang menjadi domain PT Bank BPR UMKM Jawa Timur yang juga merupakan BUMD Pemprov Jatim akan menjadi padanan simbol kesejahteraan dan kesuksesan akan masa depan pelaku usaha Jawa Timur.

Dalam giat J-Co TF 2024, MAKI Jatim juga akan menyuguhkan film dengan judul ”Kopi Itu Harus Proses” yang menjadi film resmi selama penyelenggaraan J-Co TF 2024.

Film berdurasi 119 menit ini mengangkat kehidupan nyata petani kopi, yang awalnya menjadikan tengkulak sebagai mitra petani kopi, sampai akhirnya lepas dari jeratan tengkulak berkat kehadiran Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan OPD teknis terkait serta peran serta maksimal dari PT Bank BPR UMKM Jatim yang aktif bergerak dalam dunia permodalan dan asistensi pelaku usaha.

Pameran J-CoTF 2024 ini juga menjadikan milenial sebagai Gen Z utama dalam mencetak Generasi Emas 2045 dengan ragam keahlian dan skill serta matangnya SDM Gen Z Jawa Timur.

Dalam giat J-CO TF 2024 ini juga akan digelar aneka workshop untuk pelaku usaha UKM/UMKM dan petani kopi. Workshop akan menghadirkan narasumber dari Dinas Perkebunan Jawa Timur, Disperindag Jawa Timur, Puslitkoka Jember dan start p terkenal serta ahli digital marketing Jawa Timur.

Menjelang malam hari selama 23 – 26 Mei 2024, dalam pameran akan hadir juga “Private Night Event” di mana pengunjung bisa menikmati padanan kenikmatan surga antara kopi dan cerutu dengan hiburan artis Ibu Kota, Band Guntur Arisandy Jember serta performance menarik dari DJ She Surabaya.

Duo Percussion dan artis Ibukota lainnya akan menjadi Band Pamungkas dalam sesi penutupan pameran tanggal 26 Mei 2024.

”Menjaga maksimalnya traffic pengunjung adalah ikhtiar besar panpel dengan tidak mengurangi kualitas competition dan festival event yang memang gratis dan memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah,” jelas Himawan, Ketua Panpel J-Co TF 2024.(bud)

Related posts